Sunday, December 8, 2013

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)



Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)





            Menurut Winston dan Pendergast (1994) Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman, memahami pesanyang kontradiktifdan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif. AI (Artificial Intelligence) Merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah –cerdas (H. A. Simon[1987]).
Kategori Definis AI dikelompokkan menjadi 4 yaitu :
1.       Systems that think like humans.
2.       Systems that act like humans.
3.       Systems that think rationally.
4.       Systems that act rationally
                Dalam detail Kecerdasan Buatan ada 4 macam sudut pandang, yakni Sudut Pandang Kecerdasan, Sudut Pandang Penelitian, Sudut Pandang Bisnis, dan Sudut Pandang Pemrograman. Adapun 2 bagian utama dalam AI yaitu Knowledge base dan  Inference engine.
                Konsep – konsep dalam kecerdasan Buatan ada 5, yaitu :
1.       Turing Test (Metode Pengujian Kecerdasan)
2.       Pemrosesan Simbolik
3.       Heuristic (Strategi untuk melakukan proses pencarian ruang problem)
4.       Inferensi (Penarikan Kesimpulan)
5.       Pencocokan Pola
Dan Tujuan dari adanya Kecerdasan Buatan yaitu :
·         Membuat komputer lebih cerdas
·         Mengerti tentang kecerdasan
·         Membuat mesin lebih berguna
                Kecerdasan Buatan tentu memiliki perbedan dengan Kecerdasan Alami. Perbedaannya adalah sebagai berikut : 


                Sejarah AI dimulai dari jaman batu ( 1943 – 1956) yang ditandai awal kerja JST serta ditemukannya teori Logika. Awal antusias, harapan besar (1952 – 1969) munculnya pembelajaran tanpa pengetahuan pembelajaan evolusional, serta pemodelan JST. Massa gelap ( 1966 – 1973) ditahun tahun ini, AI tidak mengalami perkembangan, penemuan tentang pemprosesan bahasa natural dihentikan dan penelitian tentang JST juga dihentikan. Renaissance (1969 – 1979)  perubahan pada paradigma penyelesaian (Dari penyelesaian masalah berbasis “searca – based”  menjadi penyelesaian masalah berbasis pengetahuan) dan terciptanya sistem pakar pertama. Era Industrial (1980 – sekarang) Sukses pertama Sistem Pakar secara komersial, Many AI companies, Eksplorasi dari strategi pembelajaran yang bermacam - macam. Kembalinya neural networks (1986 – sekarang)  penggalian kemabali algorita learning back propagation untuk neural networks yang pertama, dan terciptanya aplikasi yang sukses dari neural networks, Serta macetbya knowledge acquisition. Kematangan (1987 – sekarang) perubahan pada metodolagi penelitian bidang kecerdasan biatan. Agent cerdas ( 1995 – sekarang) realisasi yang pada mulanya dipisahkan dalam sub dari kecerdasan buatan.
                Lingkup AI meliputi Sistem Pakar (Expert System), Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), Robotika dan System Sensor (Robotics and Sensoric System), Computer Vision, Intelligence Computer – aided Instruction, serta Game Playing. Contoh Kecerdasan Buatan yaitu :
·         AI Robot
·         Game
·         Fitur Facebook
        People You May Know, Iklan
·         Twitter
        Trending topics
·         Google PageRank
·         Online advertisement
·         Recommended Article

No comments:

Post a Comment